Perkiraan GBP/USD: Ternyata Rentan Untuk Kembali Ke Level 1,2300

Pasangan GBP/USD memulai minggu ini dengan catatan sedikit positif dan berhasil terpental dari area support 1,2360-65, menandai retracement Fibonacci 50% dari up-swing 1,2109-1,2616. Dengan data ekonomi Inggris yang kosong, kurangnya tindak lanjut minat beli greenback tampaknya menjadi satu-satunya faktor yang membantu bouncing pemulihan hangat pasangan dari hampir terendah tiga minggu.

Dollar AS, bagaimanapun, tetap agaknya didukung oleh komentar hawkish Jumat dari William Dudley Presiden Fed New York. Pasar tampaknya telah mengabaikan komentar dovish James Bullard Presiden Fed St Louis, Senin. Sementara itu, sentimen pasar berhati-hati, disebabkan oleh meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah dan Korea Utara, terlihat meminjamkan beberapa dukungan tambahan terhadap adaya tarik safe haven greenback dan telah berkolaborasi untuk membatasi pemulihan lebih lanjut bagi pasangan mata uang utama.

Pada grafik 4 jam, pasangan ini telah denagn tegas tembus di bawah tren-channel naik jangka pendek dan pemulihan tampaknya hanya disebabkan oleh short-covering, dari kondisi oversold jangka pendek. Dengan indikator jangka pendek bertahan di wilayah negatif, setiap pemulihan lebih lanjut di atas level 1,2400 sekarang akan dipandang sebagai kesempatan untuk awal posisi bearish baru.

Pemulihan di atas level yang disebutkan kemungkinan akan menghadapi resistance di retracement Fibonacci 38,2% dekat level 1,2425 dan diikuti oleh titik-tembus support garis tren naik  jangka pendek, sekarang berubah menjadi resistance kuat dekat wilayah 1,2445-50. Daerah pertengahan-1,2400an ini sekarang harus menarik tekanan jual baru dan karenanya harus membatasi setiap langkah pemulihan jangka dekat.

Bear akan memantau untuk kelemahan yang berkelanjutan di bawah level support retracement Fibonai 50% dekat daerah 1,2360-65, di bawah ini yang mana pasangan ini kemungkinan untuk mempercepat penurunan menuju zona horisontal 1,2325, menuju ke level support retracement Fibonacci 50% dekat level 1,2300.

Sumber : FXStreet
Tentang Penulis
Gibran

Gibran


Mulai bekerja di OmahForex pada tahun 2017 sebagai IT dan server maintenance.