AS-Cina Siap Tandatangani Kesepakatan Dagang, Pelaku Pasar Mata Uang Siap Siaga

AS-Cina Siap Tandatangani Kesepakatan Dagang, Pelaku Pasar Mata Uang Siap Siaga

Investing.com – Mata uang yen Jepang bergerak stabil dan mata uang Asia lain seperti yuan Cina sedikit melemah pada hari Rabu (15/01) di mana investor mata uang terus menunggu dengan waspada penandatanganan kesepakatan perdagangan AS-Cina.

Menurut laporan yang dilansir Reuters Rabu (15/01) petang, kesepakatan resmi AS-Cina bertujuan menghentikan perang tarif kedua negara dan telah berlangsung hampir selama 18 bulan yang telah merugikan pertumbuhan global, tetapi tidak akan mengakhiri perselisihan perdagangan antara dua ekonomi terbesar di dunia ini.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan tarif atas produk Cina yang ada masih akan tetap dikenakan sembari menunggu perundingan lebih lanjut.

Itu menurunkan nilai USD/CNY Cina di bawah puncak enam bulan Selasa dan mengangkat USD/JPY Jepang dari level terendah tujuh bulan, karena para pedagang memperhitungkan beberapa manfaat lebih lanjut dari perjanjian.

Hal tersebut memperlemah mata uang yuan ke bawah puncak enam bulan Selasa dan memberikan dukungan untuk kenaikan yen dari tingkat terendah tujuh bulan dengan trader terus meninjau beberapa manfaat lebih lanjut dari kesepakatan itu.

Yuan, mata uang yang paling sensitif terhadap hubungan perdagangan Cina-AS, melemah sebesar 0,2% menjadi 6,8942. Yen menguat hampir 0,1% di 109,88. Euro stabil di $1,1132 dan franc Swiss menjaga penguatan sebelumnya di 0,9672 per dolar. Dolar Australia terakhir turun 0,1% ke $0,6898 dan dolar Selandia Baru sedikit lemah di $0,6612.

Terhadap sejumlah mata uang, dolar AS bertahan di 97,339.

Sumber : investing.com

Tentang Penulis
Gibran

Gibran


Mulai bekerja di OmahForex pada tahun 2017 sebagai IT dan server maintenance.