Dolar AS Menguat terhadap Yen, PDB Cina Topang Penguatan Yuan

Dolar AS Menguat terhadap Yen, PDB Cina Topang Penguatan Yuan

Investing.com – Dolar AS menguat ke tingkat tertinggi delapan bulan terhadap yen pada hari Jumat (17/01) setelah rilis optimis data penjualan ritel dan angka pekerjaan di Amerika Serikat. Sementara yuan naik pasca data ekonomi Cina mencerahkan suasana yang sudah didukung kesepakatan perdagangan Cina-AS.

USD/JPY naik hingga ke ¥110,305, level tertinggi akhir Mei 2019, memperpanjang kenaikan dari 107,65, level terendah tiga bulan yang disentuh Rabu pekan lalu menurut laporan yang dilansir Reuters Jumat (17/01) petang.

Penjualan ritel AS meningkat selama tiga bulan berturut-turut pada bulan Desember dan jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim tunjangan pengangguran turun selama lima minggu beruntun pekan lalu. Ini menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja tetap kuat.

Data lain menunjukkan ukuran aktivitas manufaktur di wilayah Tengah Atlantik AS melonjak pada Januari ke tingkat tertinggi delapan bulan sehingga mendorong Federal Reserve Bank of Philadelphia menyebut prospek pabrik ini merupakan yang paling cerah selama lebih dari 18 bulan.

Indeks dolar AS sedikit berubah di 97,322 dan mata uang utama lainnya nyaris tidak bergerak. Euro mendatar di $1,1133 sementara pound Inggris juga sedikit berubah di $1,3035.

USD/CNY Cina naik ke tingkat tertinggi enam bulan di 6,8660 terhadap dolar pada perdagangan dalam negeri, setelah serangkaian data ekonomi Cina menunjukkan stabilisasi pada ekonomi terbesar kedua di dunia itu. Produksi industri dan investasi aset tetap untuk bulan Desember melampaui ekspektasi pasar sementara pertumbuhan PDB kuartal keempat negara tersebut berada di 6,0% dari tahun sebelumnya, sesuai dengan perkiraan pasar.

Tentang Penulis
Gibran

Gibran


Mulai bekerja di OmahForex pada tahun 2017 sebagai IT dan server maintenance.