EUR/USD Berjuang Mencari Arah Dekat 1,1130

Sentimen di sekitar mata uang Eropa tetap rapuh ketika pasar memasuki paruh kedua minggu ini, membawa EUR/USD ke band 1,1130/20, atau terendah mingguan.

EUR/USD rentan terhadap kegelisahan perdagangan dan politik Italia

Pasangan ini diperdagangkan tanpa arah yang jelas dan terlihat ingin membalikkan pullback tiga harian berturut-turutnya, meskipun upaya bullish yang serius tetap dibatasi oleh kekhawatiran perdagangan, menyusutnya yield Jerman dan potensi peningkatan ketegangan antara Brussels dan Italia karena masalah fiskal.

Dalam hal di atas, yield Jerman untuk referensi 10-tahun turun ke level terendah sejak Juli 2016 di -0,18% pada hari Rabu, di mana yield tampaknya telah bertemu beberapa pertikaian awal.

Juga berkolaborasi dengan suasana suram, kekhawatiran pertumbuhan global tetap tak tertahankan di balik memburuknya skenario dalam perang dagang AS-China yang berlarut-larut.

Di sesi ke depan, angka inflasi pendahuluan di Spanyol akan layak dilihat di Euroland, sedangkan map yang lebih menarik muncul di AS: revisi lainnya dalam PDB kuartal pertama, angka Neraca Perdagangan, Klaim mingguan dan Penjualan Rumah Tertunda.

Apa yang harus diamati di sekitar EUR

Rilis data baru-baru ini di Euroland dan Jerman telah meredam gagasan soal beberapa proses pemulihan mungkin sedang berlangsung di wilayah tersebut, menggeser kembali fokus ke perlambatan yang sedang berlangsung dan kemungkinan durasi dan ekstensi. Pandangan tersebut telah diperkuat dalam berita acara ECB baru-baru ini, di mana Dewan tampaknya tidak yakin dengan kenaikan dalam aktivitas ekonomi di semester kedua 2019. Namu demikian, sikap ‘netral/dovish’ ECB saat ini diperkirakan akan bertahan selama sisa tahun dan kemungkinan hingga semester pertama 2020. Tren selera-risiko berbasis luas dan dinamika USD akan menentukan sentimen di seputar mata uang Eropa untuk saat ini, semua dalam kombinasi dengan negosiasi AS-China yang sekarang mandek dan potensi tarif AS pada produk-produk UE. Di sisi politik, politik Italia telah muncul kembali sebagai sumber ketidakpastian dan volatilitas, semua berputar di sekitar ketidaknyamanan negara dengan aturan fiskal UE.

Level-level EUR/USD yang harus diperhatikan

Saat ini, pasangan ini naik 0,04% di 1,1135 dan penembusan 1,1215 (tertinggi 27 Mei) akan menargetkan 1,1226 (SMA 55-hari) kemudian 1,1264 (tertinggi bulanan 1 Mei). Di sisi lain, penghalang sisi bawah di 1,1124 (terendah 29 Mei) diperbantukan oleh 1,1107 (terendah 2019 pada 23 Mei) dan 1,0905 (tertinggi 27 Maret 2017).

Sumber : FXStreet

Tentang Penulis
Gibran

Gibran


Mulai bekerja di OmahForex pada tahun 2017 sebagai IT dan server maintenance.