EUR/USD Menggoda 1,1350 Jelang ZEW

Bias jual di sekitar mata uang tunggal tetap baik dan sehat selama paruh pertama minggu ini dan sekarang menyeret EUR/USD untuk menguji terendah di pertengahan 1,13-an.

EUR/USD mengamati data & tren risiko

Kelanjutan sentimen penawaran beli yang mengelilingi greenback membuat spot berada di bawah tekanan lebih lanjut dan memaksanya untuk diperdagangkan di area terendah 3-minggu.

Sentimen dalam kompleks terkait risiko tetap suram hari ini karena pelaku pasar terus menyesuaikan diri dengan berita dari IMF baru-baru ini, bukti lebih lanjut dari perlambatan ekonomi China dan kurangnya kemajuan dari negosiasi perdagangan AS-China. Patut diingat bahwa lembaga think tank yang berbasis di Washington merevisi lebih rendah perkiraan pertumbuhan global untuk tahun ini menjadi 3,5% dari 3,7%.

Dari segi data hari ini, Survei ZEW dijadwalkan di Jerman dan kawasan euro, sementara perhatian juga akan tetap tertuju pada perkembangan dari pembicaraan Brexit setelah ‘Rencana B’ May.

Apa yang harus diamati di sekitar EUR/USD

Angka-angka dari Survei ZEW hari ini akan menjelaskan lebih lanjut tentang perlambatan yang sedang berlangsung di Jerman dan blok euro. Lebih jauh, EUR diperkirakan akan tetap berada di bawah pengawasan menjelang pertemuan ECB pada akhir minggu ini, di mana Presiden Draghi diperkirakan akan menyampaikan pesan yang hati-hati (dovish?). Dalam jangka panjang, fundamental di kawasan itu akan tetap menjadi pusat perhatian seiring dengan pemilihan parlemen UE mendatang (Mei), politik Italia dan kerusuhan sosial Perancis.

Level-level EUR/USD yang harus diperhatikan

Saat ini, pasangan ini turun 0,11% di 1,1351 dan menghadapi support berikutnya di 1,1324 (SMA 200-minggu) yang diperbantukan oleh 1,1306 (terendah 2019 pada 3 Jan) dan 1,1269 (terendah bulanan 14 Desember 2018). Di sisi lain, penembusan di atas 1,1380 (SMA 55-hari) akan menargetkan 1,1415 (SMA 21-hari) kemudian 1,1442 (Fibo 38,2% dari penurunan September-November).

Sumber : FXStreet

Tentang Penulis
Gibran

Gibran


Mulai bekerja di OmahForex pada tahun 2017 sebagai IT dan server maintenance.