GBP/USD: Menunggu Perkembangan Brexit, Kesepakatan Perdagangan AS-China Di Tengah Pemulihan Baru-Baru Ini

GBP/USD dalam penawaran beli dekat tertinggi harian 1,3190 menjelang pembukaan London hari ini. Pasangan ini sebelumnya turun ke terendah satu minggu di balik beritaBrexit yang pesimistis tetapi pulih setelah itu seiring perkembangan seputar kesepakatan perdagangan AS-China dan komentar dari Perdana Perdana Menteri China yang menyenangkan investor global mengurangi aksi beli greenback.

Sebelumnya hari ini, anggota parlemen Inggrismenolak semua delapan proposal Brexit yang disorot jika parlemen mengambil kontrol proses kepergian dari pemerintah. Bahkan jika hal yang sama dapat mengumpulkan dukungan untuk proposal Brexit ketiga PM Theresa May, komentar dari aliansi DUP dan anggota parlemen Tory yang berpengaruh, Jacob Rees-Mogg, menandakan May masih akan dikalahkan pada hari Jumat.

Delegasi AS yang terdiri dari Menteri Keuangan Steve Mnuchin dan Perwakilan Dagang Robert Lighthizer berada di Beijing untuk kunjungan dua hari untuk menegosiasikan kesepakatan perdagangan. Peristiwa ini tidak diragukan lagi mendapat perhatian pasar ketika Reuters melaporkan perkembangan positif yang mengutip pembuat kebijakan AS. Juga, komentar optimis dari Perdana Menteri China Li Keqiang semakin menjauhkan pedagang dari Dolar AS.

Ketika pergerakan pasar baru-baru ini menyoroti pentingnya laporan dari Beijing, PM Inggris May juga perlu berjuang untuk mendapatkan dukungan yang cukup untuk kesepakatan Brexit-nya jika dia siap menghadapi voting lagi pada hari Jumat. Ditambah, pembacaan final produk domestik bruto (PDB) kuartal keempat AS juga akan mendapatkan perhatian investor. PDB tahunan kuartal keempat 2018 AS mungkin melemah ke 2,4% dari 2,6% sebelumnya.

Analisis Teknis GBP/USD

Kecuali jika menawarkan penutupan harian di bawah simple moving average (SMA) 50-hari di 1,3080, kemungkinan pullback GBP/USD ke 1,3240 dan 1,3280 tidak dapat ditolak. Namun, 1,3310 dan 1,3380 bisa menantang bulls sesudahnya.

Jika semua penjual berhasil menarik pasangan ini di bawah 1,3080, 1,3030 dan 1,3000 dapat menyenangkan mereka sebelum menyoroti level SMA 200-hari di 1,2980.

Sumber : FXStreet

Tentang Penulis
Gibran

Gibran


Mulai bekerja di OmahForex pada tahun 2017 sebagai IT dan server maintenance.