GBPUSD Melonjak Menghentikan Penurunan, Fokus Ke IHK Inggris dan Kesepakatan Dagang

Permintaan di sekitar mata uang Poundsterling Inggris menguat beberapa waktu terakhir. Kondisi ini terjadi pada pasangan GBPUSD saat menjelang pembukaan sesi dagang kawasan Eropa di hari Rabu (15/1).

Pasangan melonjak mencoba menguji level harga 1,3050 setelah Dolar AS mengalami penjualan yang cukup besar. Saat ini GBPUSD kemungkinan akan menunggu rilis data mengenai IHK Inggris sebagai konfirmasi arah selanjutnya.

Sebelumnya dalam perdagangan hari ini, Poundsterling Inggris menguat dan mampu menghentikan penurunan dan memantul dari lembah tiga pekan terakhir di 1,2954. Kemungkinan para pelaku pasar dan investor saat ini juga lebih memilih berhati-hati menjelang acara utama pekan ini. Hari ini memang dijadwalkan akan ada penandatanganan kesepakatan dagang tahap awal antara AS dengan China.

Sayangnya saat ini Poundsterling Inggris justru mendapatkan ancaman dari masalah dalam negeri. PM Boris memberikan pernyataan yang menolak spekulasi bahwa PM Skotlandia yaitu Sturgeon meminta referendum tengan kemerdekaan di Skotlandia. Kondisi ini menyebabkan kekhawatiran terjadinya Brexit tanpa kesepakatan.

Selain itu beban juga datang dari kondisi ekonomi Inggris yang terus melemah ditandai dengan data PDB yang mengecewakan. Komentar dovish yang disampaikan oleh bank sentral Inggris beberapa waktu lalu juga menjadi tekanan tersendiri bagi Poundsterling Inggris.

Namun masih ada peluang Poundsterling Inggris menguat dan membawa pasangan lebih tinggi lagi. Peluang itu didasarkan analisa teknikal dengan penerobosan pola flag dalam grafik harga 15 menit. Tapi para pedagang lebih memilih menunggu rilis data mengenai inflasi konsumen Inggris yang akan disampaikan saat pertengahan sesi Eropa hari ini.

Selain itu acara utama penandatanganan kesepakatan dagang juga akan memberikan pergerakan pada pasangan GBPUSD dengan volume yang cukup besar. Kesepakatan rencananya akan ditandatangani waktu 16:30 GMT.

Tentang Penulis
Gibran

Gibran


Mulai bekerja di OmahForex pada tahun 2017 sebagai IT dan server maintenance.