USD/CAD: Penawaran Beli Di Dekat 1,3350 Di Tengah Pullback Minyak

Pasangan USD/CAD berada dalam tawaran beli di sekitar 1,3350 menjelang pembukaan sesi Eropa. Harga kurang menggambarkan pelemahan Dolar AS (USD) karena harga minyak terlihat mundur dari tertinggi tahun ini di tengah meningkatnya stok minyak mentah AS. Selanjutnya dalam radar pengamat pasangan ini bisa menjadi data lapis kedua dari AS dan Kanada, ditambah dengan perkembangan seputar negosiasi perdagangan di Washington.

USD, juga dikenal sebagai Greenback, turun terhadap mayoritas mata uang lainnya pada hari Rabu karena optimisme seputar kesepakatan perdagangan AS-China mengurangi permintaan safe-haven mata uang AS. Namun, peningkatan mengejutkan dalam stok minyak mentah resmi AS memicu mundurnya energi, yang pada gilirannya tidak memungkinkan pasangan USD/CAD untuk menikmati melemahnya Greenback.

Angka-angka Administrasi Informasi Energi (EIA) resmi mengenai perubahan stok minyak mentah AS mencatat kenaikan mengejutkan 7,2 juta barel dibandingkan dengan perkiraan analis untuk penurunan 425 ribu barel untuk pekan yang berakhir pada 29 Maret. Minyak mentah menjadi barang ekspor terbesar Kanada , penurunan dalam benchmark energi juga menarik mundur Dolar Kanada (CAD).

Selanjutnya, rincian dari negosiasi perdagangan antara anggota parlemen AS dan tim Wakil Perdana Menteri Liu He akan menjadi sorotan. Laporan berita positif dapat menyeret pasangan ini  ke bawah karena tidak hanya mengurangi permintaan safe-haven USD tetapi juga mendukung pembelian minyak mentah.

Di sisi data, klaim pengangguran awal AS untuk pekan yang berakhir pada 29 Maret dan indeks manajer pembelian (IMP) Ivey Kanada dapat menawarkan arah langsung untuk harga. Sementara klaim pengangguran AS bisa naik ke 216 ribu dari 211 ribu yang disesuaikan secara musiman IMP Ivey untuk Maret mungkin meningkat menjadi 51,1 dari 50,6.

Analisis Teknis USD/CAD

Sementara 1,3370 dan 1,3450 kemungkinan resistensi terdekat untuk pasangan USD/CAD, 1,3470 dan 1,3500 dapat menghibur bull sesudahnya.

Pada sisi negatif, level rata-rata pergerakan sederhana (SMA) 100 hari di 1,3315 dan level SMA 50-hari di 1,3280 mungkin akan menyenangkan para Penjual sebelum mendorong mereka ke level SMA 200 hari di sekitar 1,3200.

Sumber : FXStreet

Tentang Penulis
Gibran

Gibran


Mulai bekerja di OmahForex pada tahun 2017 sebagai IT dan server maintenance.