USD/JPY Pangkas Penurunan, Terus Temukan Beberapa Support Dekat SMA 100-Hari

Pasangan USD/JPY memulai minggu ini dengan defensif tetapi sekali lagi berhasil menemukan beberapa support dekat SMA 100-hari dan sekarang telah pulih sekitar 20-pips dari terendah sesi.

Pasangan ini memperpanjang penurunan pasca-NFP dari lingkungan 113,00 dan kombinasi faktor-faktor negatif terus mengerahkan beberapa tekanan ke bawah sepanjang sesi Asia hari ini.

Laporan tenaga kerja bulanan terbaru AS, menunjukkan penambahan hanya 155 ribu pekerjaan baru pada bulan November, memicu spekulasi mengenai kemungkinan jeda dalam siklus kenaikan suku bunga Fed pada 2019 dan terlihat membebani Dolar AS.

Pasangan ini lebih jauh ditekan oleh gelombang baru penghindaran risiko global, seperti yang digambarkan oleh nada lemah di sekitar bursa ekuitas dan yang cenderung mendukung permintaan safe haven Yen Jepang.

Meningkatnya ketegangan AS-China, menyusul penangkapan seorang eksekutif China di Kanada atas permintaan AS, ternyata menjadi salah satu faktor utama yang membuat investor menghindari aset-aset berisiko.

Dengan tidak adanya rilis ekonomi utama penggerak pasar, sentimen risiko pasar yang lebih luas dan dinamika harga USD dapat terus bertindak sebagai penentu utama momentum pasangan ini pada hari perdagangan pertama minggu baru.

Level-level teknis yang diamati

Wilayah 112,25 (MA 100-hari) tetap merupakan support kuat langsung yang perlu dipertahankan dan diikuti dengan ketat oleh level 112,00, di bawahnya pasangan ini cenderung mempercepat penurunan menuju support horizontal 111,75-70.

Di sisi lain, area 111,65-70 sekarang menjadi resisten langsung, yang jika ditembus mungkin memicu pemantulan short-covering dan membantu pasangan ini untuk membuat upaya baru menuju reklamasi 113,00.

Sumber : FXStreet

Tentang Penulis
Gibran

Gibran


Mulai bekerja di OmahForex pada tahun 2017 sebagai IT dan server maintenance.