USD/JPY Terus Naik Di Atas 111,00, Tertinggi 1 1/2 Pekan

Pasangan USD/JPY tampak berjuang untuk memanfaatkan gap bullish mingguan, meskipun telah berhasil mempertahankan lehernya tepat di atas angka bulat 111,00.

Pasangan ini dibangun di atas rebound goodish pekan lalu dari posisi terendah multi-pekan dan menangkap beberapa tawaran beli baru pada awal pekan perdagangan baru di tengah membaiknya sentimen risiko, yang cenderung akan mengurangi status safe haven relatif Yen Jepang.

Mengejutkannya, IMP Manufaktur China yang lebih kuat mengurangi kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi terbesar kedua di dunia, yang ditambah dengan meningkatnya optimisme atas pembicaraan perdagangan AS-China mendorong minat investor terhadap aset yang dianggap berisiko.
Mood risk-on terbukti dari kenaikan kuat di pasar ekuitas Asia, yang ditambah dengan kenaikan lebih lanjut yang kuat dalam imbal hasil obligasi Treasury AS memberi dorongan tambahan dan tetap mendukung.

Namun, nada agak lemah di sekitar Dolar AS gagal menginspirasi bull dan ternyata menjadi salah satu faktor kunci yang membatasi kenaikan yang berarti untuk mata uang utama ini, setidaknya untuk saat ini.

Selanjutnya, rilis makroekonomi AS yang penting hari ini – data penjualan ritel bulanan dan IMP Manufaktur ISM, sekarang akan dilihat untuk beberapa peluang perdagangan baru selama sesi awal Amerika Utara.

Sementara itu, kombinasi kekuatan yang berbeda-beda – selera investor yang kuat untuk aset berisiko dan beberapa penurunan baru USD, mungkin gagal memberi dorongan yang berarti dan mengarah pada aksi harga yang tenang/dalam kisaran terbatas.

Tingkat teknis yang harus diperhatikan

Resisten terdekat dipatok di dekat wilayah 111,40, di atas itu momentum lebih lanjut bisa diperpanjang menuju resistensi horisontal 111,70 sebelum pasangan ini akhirnya merebut kembali angka bulat 112,00. Di sisi lain, wilayah 110,85-80 sekarang tampaknya melindungi penurunan terdekat dan diikuti oleh support di dekat pertengahan 110,00, yang jika ditembus dapat mengubah pasangan ini rentan untuk kembali menantang angka psikologis kunci 110,00.

Sumber : FXStreet

Tentang Penulis
Gibran

Gibran


Mulai bekerja di OmahForex pada tahun 2017 sebagai IT dan server maintenance.