Yuan Bergerak Datar, Pasar Sikapi Hati-Hati Kesepakatan Dagang AS-Cina

Yuan Bergerak Datar, Pasar Sikapi Hati-Hati Kesepakatan Dagang AS-Cina

Investing.com – Yuan Cina tetap stabil pada hari Kamis (16/01) setelah Beijing dan Washington menandatangani kesepakatan perdagangan Tahap 1 untuk meredakan perang dagang kedua negara dan pasar keuangan bersikap hati-hati lantaran banyak masalah pelik yang masih belum diselesaikan.

Menurut laporan yang dilansir Reuters Kamis (16/01) petang, kesepakatan perdagangan awal yang ditandatangani Rabu waktu Washington masih mempertahankan tarif yang dikenakan oleh kedua belah pihak selama 18 bulan terakhir dan perbedaan struktural yang menyebabkan konflik tidak penuh diselesaikan.

USD/CNYsedikit menguat di 6,8884 per dolar dari penutupan hari sebelumnya. Yuan sedikit melemah pada sore setempat namun tetap mendapat sokongan oleh sentimen kesepakatan akhirnya telah ditandatangani dan juga penetapan tingkat kurs tengah bank sentral Cina yang lebih baik.

Bank Rakyat Cina (PBOC) menetapkan kurs tengah harian yuan di 6,8807 per dolar pada hari Kamis, level tertinggi sejak 26 Juli 2019 dan ini sedikit lebih besar dari penetapan hari sebelumnya pada 6,8845.

Yuan menyentuh puncak enam bulan di 6,8661 per dolar pada hari Selasa. Yuan telah menguat 2,5% lebih sejak awal Desember dan pergerakan ini didukung oleh kesepakatan perdagangan dan tanda-tanda lain meredanya ketegangan antara Washington dan Beijing.

Di pasar luar negeri, yuan hampir tidak melemah dan hanya turun tipis 0,01% dari penutupan Rabu di level 6,8917 per dolar sekitar pukul 07.08 GMT. Yuan telah menyentuh 6,8662 per dolar, level tertinggi 26 Juli, pada hari Selasa.

Tentang Penulis
Gibran

Gibran


Mulai bekerja di OmahForex pada tahun 2017 sebagai IT dan server maintenance.