Yuan Turun Ditengah Ketidakpastian Dagang, PBoC Suntik $58M ke Sistem Perbankan

Yuan Turun Ditengah Ketidakpastian Dagang, PBoC Suntik $58M ke Sistem Perbankan

Investing.com – Yuan Cina bergerak naik pada hari Rabu (15/01) di Asia di tengah ketidakpastian perdagangan baru. Kendati bukan penentu arah tren, bank sentral Cina PBoC menambahkan dana $58 miliar ke dalam sistem perbankan negara.

Pasangan USD/CNY kehilangan nilai sebesar 0,2% ke 6,8943 pada pukul 12:01 AM ET (04:01 GMT).

Bloomberg melaporkan dengan mengutip berbagai sumber bahwa tarif AS atas barang-barang Cina yang ada kemungkinan akan tetap berlaku sampai berakhirnya pemilihan presiden AS pada bulan November.

“Tarif ini akan tetap berlaku sampai ada kesepakatan tahap dua. Jika presiden mendapatkan kesepakatan tahap dua dengan cepat, ia akan mempertimbangkan membebaskan beban tarif sebagai bagian dari kesepakatan tersebut,” Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan kepada wartawan pada hari Selasa. “Jika tidak, tidak akan ada keringanan tarif. Jadi tidak ada hubungannya dengan pemilihan presiden atau apa pun. Tidak ada kesepakatan rahasia.”

Laporan Bloomberg itu muncul hanya beberapa jam sebelum penandatanganan kesepakatan perdagangan tahap satu dan ini menunjukkan bahwa ketegangan antara Cina dan AS tetap tinggi.

Sementara itu, Bank Rakyat Cina (PBoC) mengatakan dalam pernyataan bahwa pihaknya menambahkan 300 miliar yuan ($44 miliar) melalui fasilitas pinjaman jangka menengah sebesar 3,25%. Bank sentral Cina juga menyuntikkan dana senilai 100 miliar yuan melalui operasi pasar terbuka.

Indeks Dolar AS Berjangka sedikit berubah di 97.080.

Dalam berita lain, Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda mengatakan dalam pidato Rabu bahwa bank sentral Jepang tidak akan ragu melonggarkan kebijakan lebih lanjut untuk mencapai sasaran inflasi 2%.

USD/JPY melemah sebesar 0,1% ke 109,88.

Pasangan AUD/USD dan NZD/USD keduanya hampir bergerak datar.

Sumber : investing.com

Tentang Penulis
Gibran

Gibran


Mulai bekerja di OmahForex pada tahun 2017 sebagai IT dan server maintenance.